Minggu, 22 Februari 2009

Jepang-Indonesia Antara Kebudayaan dan Kemajuan Teknologi

Saya pernah membaca disalah satu situs internet yang mengatakan bahwa identitas suatu negara salah satunya adalah kebudayaan asli yang dimiliki oleh negara tersebut dalam arti menjadi ciri khas negara tersebut, seperti Indonesia dengan batik,kebaya,angklung,tarian Bali nya,dan sebagainya.

Sama halnya dengan Jepang, saya juga pernah membaca suatu artikel yang menulisakan “kita patut salut kepada Jepang karena walaupun teknologinya sangat maju,namun kebudayaannya masih sangat terpelihara dan sampai sekarang masih terus dilestarikan”. Dari kata-kata artikel inilah yang membuat saya terdorong untuk menulis tentang judul diatas.

Sekarang yang jadi pertanyaan apakah kita juga bisa seperti itu??, tentunya pasti bisa, asalkan ada tekad dalam diri kita masing-masing. Saya dapat menyimpulkan bahwa kuncinya yaitu belajar,disiplin, ulet, menghargai waktu, bekerja keras, pantang mundur, optimis dan selalu semangat.

Itu semua adalah sikap-sikap yang biasa dilakukan orang Jepang dalam melaksanakan aktivitas mereka sehari-hari. Memang, untuk melakukan hal-hal tersebut cukup sulit, saya sendiri juga merasa seperti itu, namun sedikit demi sedikit saya mulai mencoba walaupun hasilnya juga belum maksimal. Saya juga ingin suatu saat merk teknologi dari Indonesia dapat menembus pasar dunia layaknya teknologi Jepang.,wahh pasti sebagai warga negara Indonesia saya akan sangat bangga.

Dalam hal budaya, juga tidak kalah pentingnya. Kita sering melihat para remaja Indonesia berpakaian dengan style ala Harajuku, menurut saya itu hal yang wajar, jujur saja saya sendiri belum pernah memakai style Harajuku ataupun memakai Yukata atau kimono,walaupun saya Japan Holic saya lebih tertarik dengan Manga dan Animenya, dari pada style pakaian Jepang.

Dari situ menunjukan budaya modern negara Sakura pun telah dapat diterima masyarakat Indonesia khususnya para remaja, dan sekali lagi, saya pasti sangat bangga apabila melihat seorang remaja perempuan Jepang mengenakan kebaya karena menyukai style dari kebaya tersebut yang hanya ada di Indonesia.
Bagaimana pendapat anda mengenai hal ini?

Kesimpulan yang dapat saya ambil yaitu segala sisi positif yang ada di sekitar kita sangatlah pantas untuk ditiru demi perbaikan yang lebih baik untuk kedepannya.
Dan apabila antara budaya dan teknologi dapat bersanding, maka hal tersebut sangatlah membanggakan. Yakinlah suatu saat Indonesia bisa bersanding dengan Jepang.
Bagaimana pendapat anda?


2 komentar:

  1. pasti gan,, indonesia suatu saat pasti akan bangkit dan membuktikan kepada semua negara di dunia bahwa negara kita bisa melebihi mereka,,

    BalasHapus
  2. bisa saja gan,, tyapi semua itu butuh proses yang bakalan memakan waktu lama,,

    BalasHapus